Suzuki RC-100 Sprinter, pelopor ayago di indonesia

suzuki RC-100 sprinter

OngolOngol.com

Hai guys, apa kabarnya? Sudah lama tidak bikin artikel tentang motor jadul jadi pengen buat lagi. Sambil belajar dan mencari-cari bahan serta sejarahnya memang cukup melelahkan guys. Dan pandangan sedikit menuju ke arah pelopor motor ayago di indonesia. karena sekarang masih ngetrend motor ayago di negara kita ini, kira-kira motor apa ya ayago pertama di indonesia?

Suzuki RC-100 Sprinter

Adalah Suzuki RC-100 Sprinter motor ayago yang di luncurkan Suzuki Indomobil di indonesia pada tahun 1980 an. Dan inilah awal pertama motor ayago mengaspal di indonesia. Pada masa itu motor masih pada mengikuti arus konvesional yakni pilihanya kalau tidak motor bebek ya motorsport, Nah kali ini suzuki memberikan pilihan yang berbeda dengan menghadirkan Suzuki RC-100 Sprinter dari thailand.

suzuki sprinter100

Motor yang di datangkan dari thailand langsung ini memiliki bentuk yang agak aneh pada masa itu yakni dengan tampilan motor bebek dengan shock depan motorsport. Motor ini biasa di gunakan harian bahkan pula ada yang dipakai buat balap pada masa itu. Dengan bermodal mesin 99,6cc 2 tak pendingin udara plus jet cooled system khas suzuki, reed valve mampu menghasilkan maximum power sebesar 9.5 ps @ 6500 rpm, Torsi maximumnya mencapai 1.15 kgm @5000 rpm, karburator mikuni VM16, kopling semi otomatis dengan menggunakan 4 percepatan.

evolusi-ayago-satria-fu

Kapasitas bahan bakar 4,5 liter, kapasitas oli samping 1,2 liter, shock depan teleskopik dan suspensi belakang tetep pakai double shock. Untuk pengereman sendiri masih menggunakan rem tromol untuk menghentikan lajunya. Ukuran ban depan menggunakan yang berdiameter 17″-225 sedamgkan yang belakang berdiameter 17″-250. Berat dari suzuki RC-199 sprinter ini mencapai 81kg, dan top speed yang bisa di raih motor ini adalah 110km/jam. wajarlah karena motor ini masih 100cc.

suzuki RC 100 Sprinter

Pada masa itu penjualan ini sangat moncer sekali mengingat belum ada kompetitor yang menghadirkan motor sejenis ( ayago ). Motor ini akhirnya harus menutup usia pada tahun 1992 karena lama-kelamaan motor ini kalah penjualan dengan yamaha Champ. Dengan kehadiran yamaha champ motor ini harus menghentikan penjualan dan juga pembuatanya, namun tenang saja karena masih ada generasi penerusnya kok dari suzuki RC-100 sprinter ini yang kini telah bereinkarnasi menjadi suzuki satria FU injeksi ini.

Mungkin ada yang masih punya motor ini di indonesia…………..

Baca juga gaes ayago lainya ;

11218792_479080462272375_7802219151353791067_n

Pos ini dipublikasikan di Suzuki dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Suzuki RC-100 Sprinter, pelopor ayago di indonesia

  1. I like FBY berkata:

    Jika sama yamaha alfa / camb
    Lebih tua mana ya kang…

  2. Otogrezz berkata:

    jadul tapi keren, apalagi image yg paling bawah bikin ngiler hahaha

  3. Ansharullah berkata:

    Mau cari sparepartnya ayago Suzuki RC100 Sprinter ini sekarang yang susah.
    Mungkin ada solusi dimana lokasi untuk mencari sparepart ayago ini,,seperti tali gas, atau sparepart lainnya yang masih ORI, ataupun jok nya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s