Ini dia 5 operator yang di hukum milyaran karena melakukan kartel

kartel operator seluler indonesia

OngolOngol.com

Hai guys, apa kabarnya? PN pusat akhirnya menyelesaikan kasus operator yang di nilai melakukan kartel di indonesia. Hal ini terkait Tarif SMS yang tidak sepantasnya di bayarkan kepada operator terkait. Kasus ini terjadi dari tahun 2004 hingga tahun 2007 dimana ada 5 operator yang di hukum harus membayar denda hingga milyaran rupiah.

Tidak tanggung-tanggung menurut KPPU ( Komisi Pengawas Persaingan Usaha ) mereka meraup keuntungan dari kartel tersebut sebesar Rp. 2,8 trilyun. Adapun Lima operator yang dijatuhi hukuman adalah PT Excelkomindo Pratama, Tbk; PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk; PT Telekomunikasi Seluler, PT Bakrie Telecom dan PT Mobile-8 Telecom, Tbk. David mengungkapkan putusan MA itu cepat atau lambat mengubah perilaku usaha seluruh operator seluler di Indonesia. Mereka tidak lagi bisa sewenang-wenang mempermainkan tarif.

Benar saja dalam kurun waktu tersebut, operator seluler meraup keuntungan hingga Rp 133 triliun. Atas dasar temuan itu, KPPU mengusut operator yang dinilai bersalah karena telah merugikan konsumen hingga triliunan rupiah.

Berdasarkan hasil investigasi dan penyidikan KPPU, didapati empat operator yang main mata dalam menentukan tarif sehingga KPPU menjatuhkan denda yaitu PT Excelkomindo Pratama, Tbk dihukum sebesar Rp 25 miliar, PT Telekomunikasi Seluler dihukum Rp 25 miliar, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk dihukum sebesar Rp 18 miliar, PT Bakrie Telecom dihukum sebesar Rp 4 miliar dan PT Mobile-8 Telecom, Tbk sebesar Rp 5 miliar.

Sumber ; detik.com

Iklan

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s