Tahun 2014, Keberhasilan Suzuki Ditahun Tantangan

Jpeg

December 29, 2014
Jakarta, 23 Desember 2014 – Pencapaian positif industri otomotif Indonesia, yang mampu mencatatkan penjualan mobil (retail sales) melampaui angka 1 juta unit dalam setahun pada tahun 2012 dan 2013, mendapat tantangan di tahun 2014. Persaingan antar brand yang semakin kompetitif diwarnai dengan momentum politik berupa pergantian pemerintahan baru melalui Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif pada April 2014, dan Pemilu Presiden pada Juli 2014 mengawali perjalanan semester pertama industri otomotif di tahun 2014. Di penghujung tahun 2014, tepatnya November 2014, kebijakan pemerintah untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi penutup serangkaian gejolak dan tantangan yang dihadapi industri otomotif selama satu tahun.

Di tengah situasi eksternal yang begitu bergolak sepanjang tahun 2014, nyatanya industri otomotif pada tahun ini merespon dengan menorehkan prestasi penjualan yang tak kalah cemerlang dibandingkan tahun 2013. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), penjualan secara retail industri otomotif dari Januari hingga November 2014, mencatatkan angka penjualan yang berhasil menembus 1 juta unit, yakni dengan total penjualan sebesar 1.090.579 unit. Angka tersebut memang turun ketimbang tahun lalu dengan catatan 1.098.331 unit. Namun, keberhasilan industri menembus angka penjualan sebanyak 1 juta unit, setidaknya melanjutkan tren penjualan di atas 1 juta unit selama tiga tahun berturut – turut sejak tahun 2012.

Prediksi akan kondisi industri dan pasar yang ketat sepanjang tahun 2014, membuat PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) berfokus pada peningkatan kualitas dan layanan kepada calon konsumen dan konsumen Suzuki. Komitmen tersebut diwujudkan dalam beragam program menarik, baik sales dan after sales, hingga peluncuran produk – produk baru di sepanjang tahun. Hasilnya PT. SIS mampu meningkatkan penjualan secara retail sepanjang Januari – November 2014 dengan catatan sebesar 145.356 unit. Angka tersebut naik dibandingkan periode yang sama pada tahun 2013 dengan penjualan sebesar 142.448 unit. Catatan penjualan tersebut membuat PT. SIS menguasai pangsa pasar sebesar 13,3%, naik dibandingkan tahun lalu yang hanya sebesar 13%. Pencapaian tersebut membawa Suzuki bertahan di posisi ketiga dalam penguasaan pangsa pasar otomotif nasional.

Prestasi ini membuktikan kecermatan Suzuki dalam memprediksi dan merespon secara efektif kondisi industri dan pasar. Tak hanya itu, tahun 2014 juga dicanangkan sebagai tahun quality up acceleration bagi Suzuki Indonesia. Berbagai target dicanangkan di awal tahun, dengan menggulirkan berbagai program terintegrasi dari mulai produk, marketing penjualan, hingga purna jual yang ditujukan untuk memberikan nilai, kepuasan, dan pelayanan yang lebih kepada konsumen dan calon konsumen Suzuki Indonesia. Keberhasilan – keberhasilan ini diantaranya adalah:

1. Strategi Produk

Untuk mendukung penjualan, PT. SIS telah mempersiapkan berbagai strategi termasuk produk. Sepanjang tahun 2014, PT. SIS telah memperkenalkan lima produk baru kepada masyarakat di Indonesia. Peluncuran Mega Carry/Xtra dengan fitur Power Steering & AC, serta Mega Carry Box di bulan Februari 2014 mengawali peluncuran produk Suzuki di tahun 2014. Peluncuran produk baru ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna Carry yang dipercaya akan juga meningkatkan produktivitas wirausahawan Indonesia.

Melanjutkan launching produk di tahun 2014, Suzuki melengkapi varian Ertiga, sebagai andalan di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LPMV), dengan memperkenalkan varian Ertiga Sporty di bulan Maret 2014. Hadir dengan tampilan yang sporty, Ertiga Sporty memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia yang berjiwa muda dan dinamis yang ingin tampil lebih gaya namun tetap aman dan nyaman dikendarai melalui mobil ERTIGA.

Mengambil momentum Ulang Tahun Jakarta dan pelaksanaan Jakarta Fair 2014 pada Juni 2014, PT. SIS menghadirkan Karimun WagonR Dilago. Kehadiran KarimunWagonR Dilago untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang selama ini menginginkan adanya modifikasi pada kendaraan kesayangannya, sehingga mobil SUPER ini tampil makin gaya, sesuai dengan makna nama Dilago, “menjadi yang terbaik”. Tak ketinggalan pada ajang pameran otomotif terakbar The 22nd Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 pada bulan September 2014, Suzuki memperkenalkan dua produk terbarunya, Karimun WagonR GS dan APV New Luxury.

Karimun WagonR GS hadir melengkapi varian Karimun WagonR menjadi 5 varian, setelah sebelumnya hadir dengan varian GA, GL, GX dan Dilago. Dengan hadirnya Karimun WagonR GS akan memenuhi permintaan pasangan/ keluarga muda dan urban akan sebuah mobil yang gaya dan terkini dimana sesuai gaya hidup mereka. Sedangkan, APV New Luxury merupakan upgrade perubahan APV Luxury menjadi lebih mewah.

Selain memperkenalkan jajaran produk terbarunya, PT. SIS juga menggelar berbagai program aktivasi. Tercatat terdapat lima program yang digelar sepanjang tahun 2014. Diawali dengan rangkain acara “Pesta Keluarga Ertiga”, yang digelar sejak bulan Desember 2013 hingga Maret 2014 di 31 kota di Indonesia. Kemudian, hadir pula acara “Jalan – Jalan Karimun” pertama di Taman Budaya Sentul, Jawa Barat pada tanggal 10 Mei 2014, dilanjutkan dengan penyelenggaraan di 35 kota di Indonesia pada kurun 18 – 22 Juni 2014. Selain itu, untuk memberikan apresiasi kepada para pengguna setia Carry, pada tahun ini PT. SIS menyelenggarakan acara Gathering Carry Pick Up di 35 kota di Indonesia.

Tambahan pula, untuk meningkatkan brand image Suzuki maka PT. SIS memanfaatkan momentum The 22nd Indonesia International Show (IIMS) 2014 guna memperkenalkan jajaran produk unggulannya. Pada ajang tersebut, Suzuki membawa serta beberapa reference models dan concept booth global Suzuki yang pertama kali diaplikasikan di Indonesia. Sebelumnya, PT. SIS juga turut hadir memeriahkan event Jakarta Fair 2014 dengan mengusung tema booth “Betawi Modern”, sebagai upaya melestarikan budaya Betawi bagi generasi muda.

2. Program Pemasaran dan Penjualan

Tahun 2014, PT. SIS mengeluarkan berbagai program penjualan yang menarik, diantaranya yang digelar untuk mendukung penjualan produk tertentu, seperti program Super Test Drive Wagon R yang digelar sejak November 2013 hingga Maret 2014, Ertiga Juara yang digelar dimulai bulan Januari hingga Maret dan periode Mei – Juli, serta program free installment untuk Ertiga & Karimun Wagon R. Tambahan pula, salah satu program inovasi dan unggulan di tahun 2014 adalah program yang memberikan tiga keuntungan sekaligus bagi pembeli kendaraan dan merk Suzuki apa saja, yang digelar dalam rangka mendukung sponsorship Suzuki di turnamen AFF Suzuki Cup 2014, yakni program bertajuk AFF Suzuki Triple Bonus 2014.

Tak hanya program penjualan, PT. SIS juga menghadirkan berbagai pameran dan event penjualan. Suzuki Super Smart yang digelar di Summarecon Mall Bekasi pada tanggal 5 – 11 Mei 2014, mengawali rangkaian pameran dan event penjualan Suzuki di tahun 2014. Memanfaatkan momentum Pekan Raya Jakarta, PT. SIS menghadirkan tema dan program khusus bertajuk Si Pitung (Suzuki Pasti Untung) selama pelaksanaan Pekan Raya Jakarta. Tak ketinggalan, PT. SIS juga menggelar event akbar roda empat “Pesta Otomotif Mobil Suzuki (POMS)” yang memadukan unsur otomotif, komunitas, penjualan, dan hiburan muusik dalam satu event. Pada tahun ini, POMS telah diselenggarakan di Surabaya (22 Juni 2014), Jakarta (16 – 17 Agustus 2014) dan Pekan Baru (28 – 29 September 2014).

3. Ekspor

Di tahun 2014, PT. SIS berhasil mencatat angka positif untuk jumlah unit kendaraan yang diekspor. Sepanjang Januari – November 2014, PT. SIS berhasil mengekspor total (gabungan Completely Built-Up/ CBU dan Completely Knock Down/CKD) sebanyak 23.827 unit kendaraan. Hal yang menarik, dari angka tersebut Karimun Wagon R memberikan kontribusi cukup besar bagi ekspor PT.SIS. Karimun Wagon R berhasil diekspor sebanyak total 7.536 unit, dengan negara tujuan ekspor Karimun Wagon R ke Pakistan. Selain itu, PT. SIS juga mengekspor komponen knocked down (KD) sebanyak 5.745 unit.

4. Pelayanan Purna Jual

Untuk meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk Suzuki, di tahun 2014 PT.SIS melakukan berbagai perbaikan dan penyempurnaan di segi pelayanan purna jual. Berbagai inisiatif telah dijalankan di sepanjang tahun ini. Inisiatif – inisiatif ini diantaranya adalah:

Memperkenalkan layanan Suzuki Express Maintenance, sebuah layanan servis cepat Suzuki dengan dukungan 2 teknisi pada 1 mobil dan didukung dengan tools dan equipment khusus sehingga pekerjaan service lebih cepat, servis ini diperkenalkan mulai bulan Januari 2014.

Perubahan Free Service, mulai 1 April 2014, pelanggan dapat menikmati free jasa sampai dengan 50.000 km tanpa batas waktu di seluruh jaringan resmi Suzuki.

Suzuki Day, kegiatan Free Service Campaign yang dilaksanakan di beberapa kota, terutama Jabodetabek. Dimana pelanggan dapat melakukan pergantian oli gratis, 23 item check pengerjaan, hingga diskon Suzuki Genuine Accessories (SGA) dan Suzuki Genuine Part (SGP).

Pembukaan Pusat Perbaikan Bodi Mobil Suzuki. Dalam rangka memberikan pelayanan purna jual dalam hal perbaikan bodi, salah satunya berlokasi di Pulogadung. Pusat Perbaikan Bodi Mobil Suzuki di merupakan hasil kerja sama PT. SIS dan PT. Sejahtera Buana Trada (SBT). Pusat Perbaikan Bodi Mobil Suzuki merupakan terobosan karena dibangun dengan standar Suzuki Motor Corporation.

Penghargaan Beragam capaian PT. SIS pada tahun 2014, disempurnakan dengan diraihnya beragam penghargaan. Ertiga, dengan tagline-nya Lebih Mengerti Keluarga, berhasil meraih beragam penghargaan. Beberapa penghargaan yang diraih meliputi “Best Resale Value” dari Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2014, “Car of The Year 2014” dan “Value for Money Car of The Year 2014” dari Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards, “Pariwara Mitra Keluarga Award 2014” dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), serta Best Small MPV” dari Indonesia Car of The Year (ICOTY) 2014.

Swift melengkapi penghargaan yang diraih dengan penghargaan “Best Small Hatchback” dari Otomotif Award 2014.Sementara itu, Karimun Wagon R juga turut berprestasi dengan meraih penghargaan sebagai “Best Affordable” dari Indonesia Car Lifestyle Award (ICLA) 2014 dan “Best LCGC” dari Otomotif Award 2014.

Dengan capaian PT. SIS pada tahun 2014, Davy J. Tuilan, 4W Sales, Marketing & DND Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengungkapkan, “Kami bersyukur di tengah ketatnya persaingan pasar dan beragam situasi dan kebijakan pemerintah sepanjang tahun 2014, PT. SIS dapat mempertahankan posisi dan market sharenya di industri otomotif di Indonesia. Atas keberhasilan ini, kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, terutama para konsumen Suzuki, atas dukungannya terhadap Suzuki. Dengan pencapaian ini, tentunya akan semakin memotivasi kami menghadapi tahun 2015 yang penuh tantangan,”ujar Davy. Davy juga menambahkan fokus PT. SIS di tahun depan adalah untuk terus meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi konsumennya, baik melalui peluncuran produk baru yang dapat menjawab kebutuhan pasar Indonesia, maupun peningkatan layanan purna jual.

Sebagai bentuk keseriusan Suzuki Indonesia, pada tahun 2015 nanti Suzuki direncanakan akan mengoperasikan pabrik baru di kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang. Dengan beroperasinya pabrik baru tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produksi produk – produk Suzuki sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

Suzuki Year End Media Gathering 2014 ini adalah salah satu bentuk komitmen Suzuki Indonesia yang telah lebih dari 40 tahun sebagai salah satu brand otomotif besar di Indonesia dengan slogan “Suzuki Way of Life” yang merefleksikan komitmen Suzuki untuk terus berusaha menghasilkan 4 elemen yaitu Spirit, Straightforward, Sporty dan Value. Slogan tersebut menjadi dasar untuk memperkuat primary brand image Suzuki sebagai brand otomotif yang terpercaya di Indonesia, serta menjawab tantangan industri kendaraan roda empat kedepannya dengan memiliki jaringan penjualan di seluruh Indonesia.

Jpeg

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Suzuki. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s